Senin, 01 Juni 2015

My Opini

v  Perguruan tinggi dapat diklasifikasi sebagai organisasi jasa. Bagaimana anda dapat menerapkan prinsip-prinsip pemasaran yang dikembangkan dalam Univ. Gunadarma. Apakah anda mempunyai saran tentang bagaimana Univ. Dapat menjadi pemasar jasa yang baik.
à Cara saya menerapkan prinsip pemasaran yang dikembangkan dalam Univ. Gunadarma yaitu dengan memahami apa saja yang menjadi prinsip pemasaran Gunadarma yang telah memiliki keunggulan. Serta menumbuh kembangkan prinsip pemasaran tersebut dalam pribadi saya untuk menghasilkan pembelajaran yang maximal. Saran saya, agar suatu Univ. Menjadi pemasar jasa yang baik, haruslah memiliki visi dan misi yang konsisten serta memiliki tujuan yang dapat dijadikan komitmen mahasiswa, pengajar, serta staffnya. Kemudian mensuport pembelajaran dengan fasilitas yang memadai. Juga yang utama yaitu memiliki pengajar yang berkualitas dan memiliki pengalaman yang baik dalam bidang pendidikan,agar dapat menghasilkan tamatan yang berkompeten dalam persaingan bisnis.

v  Pikirkan tokoh favorit anda/apa yang mereka lakukan dan yang mendorong loyalitas anda. Apa yang anda sukai tentang pengalaman dalam tokoh, apa perbaikan selanjutnya yang dapat mereka buat.
à Tokoh favorit saya yaitu Ir. Soekarno. Beliau memiliki semangat berjuang dan sangat mencintai Negara RI sehingga Beliau rela mati demi membela Negara. Beliau juga menjadi cerminan saya untuk tegas dalam hidup, tidak mudah menyerah, juga bersungguh sungguh dalam berkomitmen. Pengalaman Beliau yang saya sukai tentunya menjadi Presiden pertama yang memajukan Negara RI, sosok yang membangkitkan bangsa dari keterpurukan oleh para penjajah.

v  Pilih satu merek dan tunjukkan situs webnya. Temukan berbagai bentuk komunikasi sebanyak mungkin. Lakukan audit komunikasi informal apa yang anda dapatkan.
à  Merek air mineral Aqua. http://www.aqua.com/ .

v  Apa iklan itu favorit anda, mengapa? Seberapa efektif pesan dan strategi kreatif itu, bagaimana iklan-iklan tersebut membangun ekuitas merek.
à Ya, iklan Aqua tersebut menjadi favorit saya, karena iklan tersebut membantu serta mengingatkan kita untuk rajin mengkonsumsi air mineral yang kita telah ketahui bahwa air mineral baik untuk kesehatan. Pesan dan strategi kreatif pada produk Aqua sangat efektif, pesan yang sering ditampilkan yaitu “Minum Aqua dapat membantu konsentrasi dan fokus” dari pesan singkat ini memang benar adanya, bahwa kita sangat membutuhkan air mineral yang cukup agar tubuh kita tidak kekurangan cairan yang mengakibatkan turunnya konsentrasi kita dalam beraktifitas. Strategi kreatifnya juga sangat menarik terutama lewat iklan yang ditampilkan saat ini. Dari iklan yang dapat menarik konsumen untuk selalu mengkonsumsi, merupakan strategi penting untuk meningkatkan penjualan, juga membangun ekuitas merek. Misalkan apabila seseorang butuh air minum, pastinya yang orang inginkan untuk membeli dan yang melekat pada otak konsumen pastinya merek Aqua.

v  Pilih sebuah perusahaan dan kunjungi situs webnya. Bagaimana anda akan mengevaluasi situs web, seberapa baik nilai situs dalam 7C konteks, konten, komunitas, penyesuaian, komunikasi, koneksi dan perdagangan.
à Perusahaan Unilever. Situs webnya http://www.unilever.co.id/ . nilai situs pada web ini dalam 7C sangat baik. Konteks, konten, komunitas, penyesuaian, komunikasi, koneksi serta perdagangannya sangat menyesuaikan perusahaan ini, informasi tentang perusahaan ini sangat lengkap dan jelas. Untuk melakukan komplain atau saran juga dapat diakses melalui situs ini. Karena perusahaan ini merupakan perusahaan besar, maka untuk pembuatan situs webnya pun tidak main-main atau situs webnya sudah maksimal untuk media perdagangan online. Situs web pada perusahaan Unilever ini sudah memiliki nilai yang kompeten dalam 7C.




by: Anisa Khaerusani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar